Menjadi Cantik Itu Tidak Sehat?



Kita hidup dalam masyarakat di mana busana "berbicara" lebih keras daripada kata-kata. Di setiap sudut kota, Anda akan melihat wanita dengan sepatu hak tingginya dan lelaki dengan rambut berduri atau biasa disebut spike. Meskipun terlihat indah, sebenarnya jenis fashion seperti ini tidaklah sehat.

Para ahli meyakini bahwa memakai sepatu hak tinggi setiap hari, dapat menyebabkan cedera pada sumsum tulang belakang. Menggunakan gel atau krim pada rambut juga akan menyebabkan kerontokan dan masih banyak lagi masalah lainnya. Demikian juga ketika para wanita mengenakan korset untuk menyembunyikan timbunan lemak di perut, hal itu pun bisa membahayakan kesehatan mereka.

Itulah beberapa contoh yang menggambarkan bahwa fashion bisa berubah menjadi tidak sehat untuk Anda. Jika Anda tidak menyadari fakta tersebut, maka kesehatan Anda akan jadi taruhannya. Membuang-buang uang untuk barang-barang fashion yang tidak penting, hanya akan memberikan sebuah lubang pada saku Anda, ketika suatu saat Anda harus mendarat di rumah sakit akibat menjadi korban fashion yang tidak sehat. Berikut beberapa akibat dari fashion yang tidak sehat:

  • Memakai Skinny Jeans. 


Mengenakan skinny jeans atau celana jeans ketat dapat menyebabkan meralgia paresthetica. Kondisi ini juga dikenal sebagai sindrom kesemutan pada paha. Sindrom ini dapat mengarah pada masalah saraf.

  • High Heels


Memakai sepatu hak tinggi memang terlihat berkelas pada setiap wanita. Kabar buruknya, memakai sepatu hak tinggi dapat menyebabkan nyeri kaki yang parah. Penggunaan setiap hari dapat menyebabkan Achilles tendonitis (yaitu tendon menipis dan panjang yang berjalan dari dasar otot betis pada tulang tumit). Kondisi ini akan sangat menyakitkan karena akan terjadi pemendekan kronis pada otot betis akibat pemakaian sepatu hak tinggi setiap hari. 

  • Stocking


Ya, menggunakan stocking memang akan membuat tubuh Anda terlihat sensasional. Tapi gaya busana ini berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan infeksi ragi jika dipakai setiap hari.

  • Menggunakan tas tangan.


Membawa tas berat dapat menyebabkan sakit punggung dan nyeri bahu. Studi menunjukkan bahwa saat membawa tas di atas bahu, hal ini dapat mempengaruhi perkembangan bahu yang kemudian dapat menyebabkan peradangan.

  • Sendal Jepit


Anda pikir pakai sendal jepit nyaman dan sehat? Ternyata memakai sendal jepit tidak sehat juga. Sendal teplek ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut plantar fasciitis. Kondisi ini akan menyebabkan nyeri di tumit dan telapak kaki. Dengan memakai sendal jepit setiap hari, akan menyebabkan peradangan, nyeri tumit dan masih banyak lagi.

  • Memakai perhiasan berat.


Mengenakan perhiasan yang berat adalah salah satu tren fashion terburuk untuk diikuti. Jika wanita mengenakan perhiasan yang berat akan menempatkan banyak ketegangan pada pangkal leher. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada leher.

Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Maka dari itu, bersikap bijaklah jika ingin tampil cantik. Pilihlah fashion yang tidak membahayakan kesehatan Anda. Buat apa bisa tampil cantik tapi tidak sehat?