4 Cara Agar Bisa Mengurangi Berat Badan Saat Tidur


Tidur merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi tubuh kita. Di saat kita bekerja terlalu lama, maka tubuh juga perlu istirahat yang cukup, agar kembali segar kesokan harinya. Namun ada sebagian orang yang mempunyai pola tidur yang tidak teratur.

Hasilnya tentu dapat mengganggu metabolisme, dan aktivitas kita sehari-hari, hingga pola makan kita. Maka tidak heran saat ini banyak orang yang obesitas, dikarenakan pola tidur dan makan yang kacau, tidak menyesuaikan dengan "jam biologis tubuh."

Untuk itu sangat penting mengatur pola tidur Anda, terutama bagi mereka yang menginginkan tubuhnya tetap terjaga dan ideal. Berikut adalah empat cara, agar cara tidur kita bisa membantu menurunkan berat badan.

1. Tidur malam yang baik
Tidak sedikit dari kita yang mempunyai kebiasaan tidur di malam hari ketika sudah larut malam, dan bangun dengan badan yang lelah. Ditambah sebelum tidur banyak memakan cemilan yang tidak sehat, hasilnya berat badan bertambah. Alangkah baiknya, jika Anda tidur di saat awal malam, dan bangun ketika pagi belum menjelang, agar metabolisme tubuh maksimal.

2. Kurang tidur
Jangan salah, jika Anda kurang sekali waktu tidur, maka tubuh Anda tidak akan bisa memaksimalkan metabolisme. Bahkan lonjakan kortisol dari tidur yang sedikit menjadi penyebabnya. Sehingga energi dalam tubuh tersimpan, dan tidak terbakar disaat tubuh kita beristirahat, akibat tidur yang kurang.

3. Hormon Ghrelin dan Leptin
Ketika kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon Ghrelin, yang menyebabkan kita ingin makan dan makan lagi. Sedangkan hormon leptin, akan memberikan sinyal, jika tubuh cukup akan makanan. Dan jika kita kurang tidur, maka akan ada ketidakseimbangan kedua hormon ini, yang menyebabkan tubuh gemuk.

4. Kurang tidur sebabkan berkurangnya proses pembentukan insulin
Produksi insulin akan berkurang hingga 30 persen, jika kita kurang tidur. Dan saat pankreas kekurangan insulin, maka tubuh akan kesulitan untuk membakar lemak. Jadi mulailah tidur yang baik dan cukup di malam hari, agar tubuh tetap ideal.

Tidur sangat penting. Hal ini sama pentingnya dengan makan dan berolahraga dalam menurunkan berat badan. Tidak ada yang salah mengambil tidur siang sebentar saat bekerja. Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa tidur siang hari membuat Anda menambah berat badan, tidur siang selama kurang dari satu jam, memberi Anda lebih banyak energi dan membantu mengisi ulang tenaga untuk tetap lebih aktif.